Jumat, 30 Juli 2010

Memunculkan Nama Pengirim Pesan pada menu Conversations Messaging Nokia C3 Qwerty


Ponsel milik Nokia dengan seri C3-00 ini dilaunching, 5 Juni 2010 lalu ternyata Indonesia mendapat kehormatan sebagai negara pertama tempat ponsel ini diluncurkan ke seluruh penjuru dunia.

Penulis telah mencoba berbagai fitur yang ada pada ponsel ini, dan menemukan satu kendala yang saat itu dinilai cukup memusingkan kepala, yaitu pengaturan manual pada menu Conversations Messaging/ korespondensi pesan. Fitur ini menampilkan pesan masuk dari kawan kita yang interfacenya mirip dengan interface chatt, jadi bersambung dan terhubung terus antara kita dengan si pengirim pesan tersebut.

Pada kolom pengirim pesan, awalnya hanya tertera nomor ponselnya saja, bukan nama si pengirim, padahal seharusnya namanya dapat tertampil karena pada kolom jawaban dari kita, identitas kita terpampang jelas, yaitu "Me".

Telah hampir sebulan penulis mencoba mengutak-atik seluruh pengaturan yang terkait dengan menu Conversations Messaging, baik yang ada di manual book maupun di laman internet. Hasilnya NOL besar.

Tanpa sengaja tadi malam, penulis mendapat pesan biasa dari seorang teman dan langsung penulis jawab. Tiba-tiba mata penulis terbelalak lebar, terpaku dan tertuju pada kolom pengirim pesan yang ternyata namanya mendadak muncul sendiri. Setelah memeriksa dan berpikir sejenak, akhirnya penulis tersenyum kecut.

Ternyata solusi permasalahan yang timbul selama ini adalah bahwa daftar nomor dan nama teman yang tersimpan di ponsel HARUS berada di memory ponselnya, bukan yang tersimpan di kartu operator.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar